-->

Cara kerja Speaker Protector



Sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang rangkaian + cara kerja SPEAKER PROTECTOR di internet. Tetapi kali ini saya akan sedikit mengulas tentang rangkaian SPEAKER PROTECTOR. Uraian ini saya tulis berdasar pengalaman saya ketika saya membuat rangkaian ini. Baiklah saya kira cukup untuk cuap-cuapnya. Ya... Anggap saja hanya sebagai pembukaan. Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari SPEAKER PROTECTOR.


Berikut ulasannya:
  1. Rangkaian sirkuit SPEAKER PROTECTOR ini berguna sebagai penunda / delay pada speaker yang berfungsi sebagai pencegah agar tidak terjadi sentakan atau saya bilang bunyi ''BLUG..'' pada saat pertama kali amplifier dihidupkan. Ini bertujuan untuk memperawet speaker agar tidak cepat rusak. Sehingga speaker aman dari kerusakan ( terbakarnya coil speaker ). Waktu tunggu atau waktu delay ini sekitar 5detik, jadi pada saat amplifier di hidupkan koneksi antara amplifier dan speaker masih terputus selama 5 detik. Setelah 5 detik amplifier dihidupkan baru SPEAKER PROTECTOR akan menghubungkan amplifier dengan speaker. Jadi tidak terdengar bunyi ''BLUGG..''. Karena bunyi "BLUGG.." tersebut berbunyi saat tombol power dihidupkan. Waktu delay ini bisa diubah-ubah dengan mengganti kondensator Elco C1. Dengan nilai yang lebih kecil waktunya akan semakin kecil juga. Idealnya waktu udah saya set 5 detik dengan nilai C1 (lihat gambar). Anda bisa mencoba merubah nilai dari Elco tersebut sesuai keinginan.
    Untuk lebih jelasnya lihat gambar rangkaian berikut ini:
    sirkuit rangkaian speaker protector by arif virgo
    Klik aja gambarnya untuk mendownload gambarnya

  2. SPEAKER PROTECTOR ini berfungsi juga sebagai pengaman speaker apa bila saat amplifier kita rusak, pada khususnya pada transistor penguat akhir / transistor vinalNya ''jebol'' atau dengan kata lain sudah bocor antara Colector dengan Emitornya. Nah, pada saat transistor tersebut bocor, sehingga pada output speaker terdapat tegangan (plus) ataupun (minus), tergantung yang bocor di transistor yang PNP apa yang NPN-nya. Apa bila yang bocor itu yang PNP nya berarti di output terdapat tegangan (minus). Dan sebaliknya, apa bila yang bocor yang NPN-nya berarti di output terdapat tegangan (plus). Jadi apa bila di output speaker terdapat tegangan DC Maka SPEAKER PROTECTOR akan protec atau dengan kata lain akan terputur koneksinya antara amplifier dan speaker. Sehingga speaker kita tidak terbakar.

  3. SPEAKER PROTECTOR ini juga sebagai pengaman ketika daya output over. Sebagai contoh gini, ketika daya output amplifier lebih besar dari pada daya speaker maka pada saat ada bass yang menghentak pada musik, berarti dayaNya tentu akan besar juga. Nah, apa bila daya speaker lebih kecil dari pada daya amplifierNya maka seketika itu juga sepeaker akan terbakar. Hal ini tidak terjadi jika kita pasang SPEAKER PROTECTOR dan bisa anda atur seberapa besar daya yang boleh masuk ke speaker dengan mengatur VR 10K-nya.
    PERHATIAN: Cara pemasangan catu daya jangan sampai salah. Cara pemasangannya, Arus yang dibutuhkan SPEAKER PROTECTOR di ambikan langsung dari output trafo yang AC 18V-25V. Jadi diambikan aja TRAFO yang untuk amplifier. Jadi jika di simpulkan, SPEAKER PROTECTOR ini akan menunda hubungan ke speaker 5 detik pada saat amplifier dihidupkan dan akan memutus lebih cepat saat amplifier dimatikan. Karena Elco di rangkaian SPEAKER PROTECTOR akan lebih cepat habis dari pada Elco yang besar pada amplifier. Itu sebabnya rangkaian SPEAKER PROTECTOR ini harus di pasang 1 trafo dengan amplifier dan di ambilkan langsung ke AC TRAFO 25V CT. Dengan begitu fungsi SPEAKER PROTECTOR ini bisa difungsikan semaksimal mungkin.

Sekian dulu ulasan dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda yang hobi utak-atik amplifier. Mohon maaf juga kalau ada salah kata, salah tulis atau penjelasan, karena saya juga bukan seorang ahli elektronika.
Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ya sangat sederhana ini, karena saya juga masih belajar.
Bagi yang belum jelas bisa hubungi saya di:
Email atau FaceBook:
arif.cvmusik@yahoo.com [ ARIF VIRGO ]
Profil FB: www.facebook.com/arif.cvmusik
atau HP di:
085328010639 dan
085691049242


SALAM SUKSES dari BLOGGER CAH PURWOREJO.
Atau klik di sini untuk melihat postingan yang lainNya.



Telah di lihat kali.

Tidak ada komentar:

Ubah bahasa: English